Penelitian Kandungan dan Khasiat Daun Ungu

Penelitian mengenai kandugan dan khasiat daun ungu yang dilakukan oleh Dr.drg.Nur Permatasari, MS, dr.Umi Kalsum, Mkes dari Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang menyatakan bahwa kandungan alkaloid dalam daun ungu mempunyai kemampuan sebagai anti inflamsi ( anti radang ) dan juga sebagai analgesik ( mengurangi rasa sakit ) pada hewan percobaan. Efek analgesik tersebut ditunjukan dengan terjadinya penurunan nilai ambang nyeri setelah pemberian ekstrak alkaloid pada dosis 1,3.5 dan 6 mg/kg bb. Dosis yang paling tepat ternayata pada dosis 3 mg/kg bb. Ini setara dengan pemerian aspirin dengan dosis 125 mg/kg bb.
Penelitian mengenai kandugan dan khasiat daun ungu oleh Dr. Sardjono Oerip Santoso dan Dr. Sugiarto, menyatakan bahwa rebusan daun ungu bisa menghilangkan rasa nyeri pendarahan,baik yang dirasakan di dalam atau di luar tubuh.

Idha Kusumawati S.Si., M.Si., Apt, dari Fakultas Farmasi Universitas Airlangga, membuktikan kemampuan daun ungu sebagai anti ambien ( mengatasi wasir ). Ia menguji anti inflamasidengan metode pengukuran edema pada telapak kaki tikus. Sebelumnya ia menginduksi 0,05 ml supsensi karagen ( pemicu bengkak ) pada kaki tikus tersebut. Setelah 1 jam pasca induksi,tikus yang diberi 29,904 mg ekstrasi etil asetat daun ungu per 200 gram bb menunjukkan bengkak pada kaki tikus mengecil. Demikian dengan tikus yang diberi 376,5 mg ekstrak daun ungu, dapat sembuh dalam hitungan jam.
Selain berkhasiat sebagai pecegah penyakit wasir, daun ungu mempunyai sifat lain untuk mengurangi pembengkakan dan peradangan, meluruhkan kencing (diuretic ), mempercepat pemasaka bisul dan melembutkan kulit ( emolien ).

CARA PENGOLAHAN DAUN UNGU SECARA TRADISIONAL :

•Untuk pemakaian dalam
Daun ungu segar sebanyak 7 lembar dicuci bersih. Tambahkan 400 cc air bersih lalu direbus sampai airnya tersisa 200 cc . Setelah disaring ,minum sekaligus.
•Untuk pemakaian luar
Olesi 2 lembar daun ungu 1 sendok teh minyak kelapa. Panggang di atas api. Dalam keadaan hangat, tempelkan pada bagianyang sakit.
Tetapi seiring dengan kemajuan zaman , daun ungu sudah banyak dibuat dalam bentuk ekstrak yang sudah dikemas dalam sediaan kapsul sehingga praktis untuk dikonsumsi.

TIPS MENCEGAH WASIR :

1.Mengonsumsi banyak makanan berserat seperti buah dan sayuran.
2.Minum air putih minimal 2,5 liter atau 8 gelas per hari.
3.Jangan menahan keinginan untuk BAB.
4.Jika tidak ingin BAB, jangan dipaksakan.
5.Jika BAB, jangan mengejan berlebihan.
6.Tidak duduk dalam jangka waktu yang lama.