Apa Perbedaan Wasir dan Ambeien

Apa Perbedaan Wasir dan Ambeien - eringkali kita di pusingkan dengan banyak istilah Wasir dan Ambeien. Apakah Wasir dan Ambeien itu sama atau berbeda? Berikut Ulasannya

Tidak ada perbedaan antara wasir dan ambeien. Hal ini hanya berbeda di istilah saja.

Menurut Dr. Sutanto Gandakusuma, Ahli Bedah Rumah Sakit (RS) Husada, Jakarta, hampir 70 persen manusia dewasa mempunyai wasir atau ambeien, baik wasir dalam, wasir luar maupun keduanya. Namun tidak semua penderita wasir atau ambeien ini memerlukan pengobatan. Hanya sebagian kecil saja yang memerlukan pertolongan medis, yakni mereka yang mengeluhkan pendarahan, adanya tonjolan dan gatal-gatal.
”Penyebab wasir sebenarnya sederhana, yakni saat susah buang air dipaksakan mengeluarkan kotoran,” ujar Sutanto dalam sebuah seminar mengenai wasir di RS Husada, Jakarta, akhir pekan silam. Penyebab susah buang air ini adalah kurang minum, kurang makan serat, kurang olah raga atau banyak duduk dan mengangkat yang berat-berat.
Solusi penyakit ini sebenarnya cukup gampang, yakni mengubah pola hidup. Bagi mereka yang dalam profesinya banyak duduk seperti sekretaris atau supir disarankan melakukan gerakan-gerakan lain, bukan hanya duduk saja. Karena itu, menurut Sutanto, waktu istirahat alias coffe break sangat penting dimanfaatkan.