Apa Itu Wasir?

Apa itu wasir?
Wasir adalah pembuluh darah bengkak di anal anus. Masalah ini umum dapat menyakitkan, tetapi biasanya tidak serius.Vena bisa membengkak di dalam lubang anus untuk membentuk wasir internal. Atau mereka bisa membengkak di dekat pembukaan anus untuk membentuk wasir eksternal. Anda dapat memiliki kedua jenis pada saat yang sama. Gejala dan pengobatan tergantung pada jenis yang Anda miliki.
Apa yang menyebabkan wasir?
Terlalu banyak tekanan pada pembuluh darah di daerah panggul dan dubur menyebabkan wasir.
Biasanya, jaringan di dalam anus diisi dengan darah untuk membantu mengontrol buang air besar. Jika Anda sering untuk memindahkan bangku, peningkatan tekanan menyebabkan pembuluh darah dalam jaringan ini membengkak dan mengalami peregangan. Hal ini dapat menyebabkan wasir.
Diare atau sembelit juga dapat menyebabkan tegang dan dapat meningkatkan tekanan pada pembuluh darah di anus.
Wanita hamil bisa mendapatkan wasir selama 6 bulan terakhir kehamilan. Hal ini karena meningkatnya tekanan pada pembuluh darah di daerah panggul. Berusaha untuk mendorong bayi keluar selama persalinan dapat membuat wasir parah.
Kelebihan berat badan juga dapat menyebabkan wasir. 

Apa saja gejalanya?
Gejala yang paling umum dari wasir internal dan eksternal meliputi:

a.
Perdarahan saat buang air besar. Anda mungkin melihat garis-garis darah merah terang di atas kertas toilet setelah Anda mengejan untuk melakukan gerakan usus.
b.
Gatal.
c.
Nyeri rektum. Ini mungkin menyakitkan untuk membersihkan daerah anus.
Wasir internal
Wasir internal, Anda dapat melihat garis-garis merah terang darah di kertas toilet atau darah merah terang dalam toilet setelah Anda melakukan gerakan usus normal. Anda dapat melihat darah di permukaan tinja.
Wasir internal seringkali kecil, pembuluh darah membengkak di dinding lubang anus. Tapi mereka bisa besar,
vena kendur  yang menonjol keluar dari anus sepanjang waktu. Mereka bisa menyakitkan jika mereka tonjolan keluar dan ditekan oleh otot-otot dubur. Mereka mungkin sangat menyakitkan jika suplai darah ke wasir terputus. Jika wasir menonjol keluar, Anda juga dapat melihat lendir pada kertas toilet atau toilet.

Wasir eksternal
Wasir eksternal bisa teriritasi dan bekuan di bawah kulit, menyebabkan benjolan
keras. yang menyakitkan  Hal ini disebut trombosis, atau bergumpal  wasir. 
Bagaimana wasir didiagnosis?
Dokter Anda dapat memberitahu jika Anda memiliki wasir dengan bertanya tentang kesehatan masa lalu Anda dan melakukan pemeriksaan fisik.
Anda mungkin tidak perlu banyak tes pada awalnya, terutama jika Anda lebih muda dari 50 dan dokter Anda berpikir bahwa pendarahan anus Anda disebabkan oleh wasir. Dokter Anda mungkin hanya memeriksa kamera rektum dengan jari bersarung.

 
Perdarahan rektum bisa menjadi tanda dari masalah yang lebih serius, seperti kanker usus besar, dubur, atau kanker dubur. Jadi jika tes pertama tidak menunjukkan penyebab yang jelas dari masalah Anda, dokter Anda mungkin menggunakan lingkup bercahaya (sigmoidoscope) untuk melihat kearah lebih rendah dari usus besar Anda. Atau dokter Anda dapat menggunakan jenis lain dari lingkup (kolonoskop) untuk melihat seluruh kolon untuk memeriksa penyebab lain perdarahan. 

Bagaimana perawatan wasir?
Untuk wasir eksternal, perawatan di rumah adalah semua yang Anda butuhkan. Ini termasuk perlahan menambahkan serat untuk makanan Anda, minum lebih banyak air, dan menggunakan salep yang bisa dibeli bebeas untuk waktu yang terbatas untuk menghentikan gatal. Anda juga dapat menggunakan pelunak feses. Perlakuan rumah yang sama dapat digunakan untuk wasir internal.